Wa, Maimuna (2023) Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya Papua Di SD Negeri 15 Kota Sorong. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Sorong.
![[thumbnail of 520619030 WA MAIMUNA SUKSES.pdf]](https://repositori.iainsorong.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
520619030 WA MAIMUNA SUKSES.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Belajar merupakan suatu cara untuk memperoleh ilmu. Tak terkecuali untuk memperoleh ilmu untuk memperoleh pengetahuan tantang konsep matematika. Untuk konsep matematika yang bersifat abstrak tidaklah mudah sehingga perlu diajarkan dari hal-hal yang konkrit menuju ke konsep yang abstrak tersebut. Suatu konsep lebih mendalam dipahami bila didasarkan pada pengalaman belajar siswa itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh alat peraga berbasis budaya papua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika bilangan dan berhitung kelas 2 SD Negeri 15 Kota Sorong, serta hasil belajar siswa dan bagaimana motivasi belajar siswa SD Negeri 15 Kota Sorong. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen yang diambil adalah Control-Group Pretes-Posttes Design, Terdapat dua kelas yang dipilih secara random, kemudian sebelumnya diberi Pretest untuk mengetahui keadaan awal untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol” Selanjutnya setelah diketahui hasil pretest dua kelompok tersebut, maka pada kelas eksperimen diberikan perlakuan, sedangkan pada kelas kontrol tidak diberikan perlakuan. Hasil belajar yang dilakukan melalui penelitian langsung oleh peneliti di SD Negeri 15 Kota Sorong sehingga didapatkan pada table 4.5 berdasarkan hasil perhitungan uji normalitas diketahui nilai signifikasi sebesar 0,081 > 0,05 dan hasil angket motivasi sebesar 0,063 > 0,05 maka dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa terhadap pembelajaran matematika berbasis budaya papua SD Negeri 15 Kota Sorong, berdasarkan hasil penelitian menunjukkan ada atau terdapat pengaruh yang signifikan atara hasil belajar dan motivasi belajar siswa SD Negeri 15 Kota Sorong. Dilihat dari uji t hasil belajar sebesar 0,556 dan angket motivasi sebesar 0,389 hal ini berarti terdapat pengaruh terhadapat pembelajaran matematika berbasis budaya papua di SD Negeri 15 Kota Sorong.
Tipe Item: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Matematika, Berbasis Budaya Papua |
Subjects: | 300 Social Science > 370 - 379 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Lembaga/Fakultas/Jurusan: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Perpustakaan Admin |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 04:41 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 04:41 |
URI: | https://repositori.iainsorong.ac.id/id/eprint/79 |