Rumakabis, Nurlaila (2023) Model Pembelajaran Somatik, Auditori, Visual, Intelektual Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Tema 1 Kelas V Di SD Muhammadiyah 2 Kota Sorong. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Sorong.

[thumbnail of 520619017 NURLAILA RUMAKABIS SUKSES.pdf] Text
520619017 NURLAILA RUMAKABIS SUKSES.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) Bagaimana keaktifan sebelum dan sesudah menggunakan model SAVI siswa kelas V pada subtema Alat Gerak Hewan dan Manusia di SD Muhammadiyah 2 Kota Sorong? (2). Apakah model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas V pada subtema Alat Gerak Hewan dan Manusia di SD Muhammadiyah 2 Kota Sorong? Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain Nonrandomised Control-Group. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan tahap-tahap yaitu: Uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sebelum menggunakan model pembelajaran SAVI keaktifan siswa sangat rendah. Setelah menggunakan model SAVI dilihat dari keaktifan siswa selama proses pembelajaran berlangsung sesudah menggunakan model SAVI dalam proses pembelajaran dapat meningkat keaktifan siswa. Terdapat pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap keaktifan siswa.

Tipe Item: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajarn SAVI, Keaktifan Siswa.
Subjects: 300 Social Science > 370 - 379 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Lembaga/Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan Admin
Date Deposited: 18 Feb 2025 00:31
Last Modified: 18 Feb 2025 00:31
URI: https://repositori.iainsorong.ac.id/id/eprint/75

Actions (login required)

View Item
View Item