Khamarullah, Abdul Manaf (2023) Analisis Motivasi Peserta Didik Memilih Sekolah Berbasis Agama Islam di Kelas X MAN IC Sorong. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Sorong.

[thumbnail of 520119001 ABDUL MANAF KHAMARULLAH SUKSES.pdf] Text
520119001 ABDUL MANAF KHAMARULLAH SUKSES.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis motivasi peserta didik memilih sekolah berbasis agama Islam di kelas X MAN IC Sorong; 2) Untuk mendeskripsikan faktor internal dan eksternal peserta didik memilih sekolah berbasis agama Islam di kelas X MAN IC Sorong.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengeumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penerikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Motivasi peserta didik memilih sekolah berbasis agama Islam di kelas X MAN IC Sorong. Pertama, pembelajarannya, pembelajaran menjadi tujuan utama bagi para peserta didik memilih sekolah di MAN IC Sorong. Kedua, kompetensi guru. Guru harus bisa memberikan suasana yang menyenangkan di dalam kelas serta metode mengajar yang bervariasi. Ketiga, sarana dan prasarana yang memadai. Karena, sarana dan prasarana menjadi faktor utama dalam penunjang proses pembelajaran di sekolah. Keempat, ekstrakurikuler yang bervariasi. Karena, peserta didik bisa menunjukkan minat dan bakatnya melalui ekstrakurikuler tersebut. 2) Faktor internal dan eksternal peserta didik memilih sekolah berbasis agama Islam di kelas X MAN IC Sorong yaitu: Faktor internal, ingin menambah hafalan Al-Qur‟an dan mengembangkan bakat di bidang keilmuan. Sedangkan faktor eksternalnya yaitu: motivasi orang tua, orang tua pasti menginginkan agar anaknya selalu berbakti kepadanya, taat kepada agama dan mempelajari ilmu agama. Motivasi kakak, kakak juga pasti menginginkan pendidikan adiknya itu bagus, terutama dalam pendidikan agama. Prestasi sekolah, prestasi merupakan menjadi kebanggan bagi peserta didik jika ia bisa mewakili sekolahnya dalam mengikuti perlombaan dari hasil kerja keras dan belajarnya.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah peserta didik mendapatkan berbagai motivasi dalam memilih sekolah berbasis agama Islam di MAN IC Sorong dari materi pembelajaran, kompetensi guru, sarana dan prasarana yang memadai dan ekstrakurikuler yang bervariasi. Faktor internal dan eksternal peserta didik memilih sekolah berbasis agama Islam, Pada faktor internal peserta didik ingin menambah hafalan Al-Qur‟an dan mengembangkan bakat di bidang keilmuan. Sedangkan pada faktor eksternalnya yaitu; motivasi orang tua, motivasi kakak dan prestasi sekolahnya yang bagus.

Tipe Item: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 Social Science > 370 - 379 Pendidikan > 370.154 Motivasi Belajar, Dorongan Belajar, Motivasi Pembelajaran
Lembaga/Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Admin
Date Deposited: 12 Feb 2025 01:16
Last Modified: 12 Feb 2025 01:41
URI: https://repositori.iainsorong.ac.id/id/eprint/61

Actions (login required)

View Item
View Item