Strengthening Students' Career Interest in STEM Fields through Career Seminars

Rabiudin, Rabiudin (2024) Strengthening Students' Career Interest in STEM Fields through Career Seminars. AL-KHIDMAH: Jurnal Pengabdian dan Pendampingan Masyarakat, 4 (1): 1. pp. 1-17. ISSN 27986969

[thumbnail of Stregtening Career on STEM] Text (Stregtening Career on STEM)
ARTIKEL+PENGABDIAN+rabi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (431kB)

Abstract

Minat siswa SMA terhadap karir di bidang sains dan teknik cenderung rendah, terutama di wilayah tertentu seperti Papua. Hal ini dapat menghambat pembangunan sumber daya manusia dan perkembangan daerah tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi siswa untuk dapat berkarir dalam bidang sains dan teknologi. Selain itu kegiatan ini juga dimaksudkan mengevaluasi efektivitas sebuah seminar karir dalam meningkatkan minat siswa SMA untuk bekerja dalam bidang sains dan teknik. Kegiatan seminar karir dilakukan dengan menyajikan presentasi dari narasumber disertai dengan sesi diskusi dan interaksi dengan peserta. Survei dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data sebelum dan setelah acara guna mengukur perubahan minat siswa. Seminar ini berhasil meningkatkan minat siswa untuk belajar dan mengejar karir di bidang sains dan teknik. Data menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa tentang peluang karir dan peran mereka dalam pembangunan daerah. Oleh karena manfaatnya, Disarankan agar kegiatan serupa dilakukan secara berkala dan melibatkan lebih banyak pihak, seperti industri lokal dan perguruan tinggi, untuk memberikan wawasan yang lebih luas dan mendalam kepada siswa.

Tipe Item: Artikel
Subjects: L Education > L Education (General)
Lembaga/Fakultas/Jurusan: Jurnal Online Insitut Agama Islam Negeri Sorong
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@iainsorong.ac.id
Date Deposited: 20 Jun 2024 05:18
Last Modified: 28 Aug 2024 01:06
URI: https://repositori.iainsorong.ac.id/id/eprint/55

Actions (login required)

View Item
View Item