Pelatihan Pembelajaran Literasi Sains Menggunakan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Sebagai Penyesuaian Terhadap Instrumen Assesmen Kompetensi Madrasah

Rabiudin, Rabiudin and Oki Sandra, Agnesa and Erwinestri Hanidar, Nurafifi and Arini, Rahmadana (2023) Pelatihan Pembelajaran Literasi Sains Menggunakan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Sebagai Penyesuaian Terhadap Instrumen Assesmen Kompetensi Madrasah. Pelatihan Pembelajaran Literasi Sains Menggunakan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Sebagai Penyesuaian Terhadap Instrumen Assesmen Kompetensi Madrasah, 3 (1): 2121. pp. 88-102. ISSN 2809-2031

[thumbnail of Pelatihan Pembelajaran Literasi Sains Menggunakan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Sebagai Penyesuaian Terhadap Instrumen Assesmen Kompetensi Madrasah] Text (Pelatihan Pembelajaran Literasi Sains Menggunakan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Sebagai Penyesuaian Terhadap Instrumen Assesmen Kompetensi Madrasah)
1495.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (413kB)

Abstract

Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk mengedukasi guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) dalam melaksanakan pembelajaran sains menggunakan high order thinking skill (HOTS) guna mempersiapkan siswa dalam menyelesaikan soal assesmen kompetensi. Pengabdian masyarakat ini menggunakan metode pelatihan berbasis participatory action research yang menekankan pada pengabdian terintegrasi penelitian berbasis tindakan yang fokus pada partisipasi pelaku dan peserta dalam meningkatkan perubahan pada komunitas guru MI Kota Sorong dan Kabupaten Sorong. Peserta kegiatan ini sejumlah 25 guru sebagai perwakilan beberapa sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka dalam ruangan dengan metode pengajaran penyampaian langsung, demonstrasi, diskusi kelompok, persentase dan praktik mengajar. Data dalam kegiatan ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan tes yang selanjutnya di analisis menggunakan deskriptif komparatif. Hal penting yang diselesaikan dalam pengabdian masyarakat ini adalah, 1). guru sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini 2). Keterampilan guru dalam mendesain, merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran literasi sains berbasis HOTS awalnya masih sederhana dan berhasil ditingkatkan, 3). Guru membutuhkan pendalaman dan pelatihan lanjutan kemampuan mengajar sesuai perkembangan isu pembelajaran terkini.

Tipe Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Assemen Kompetensi, Literasi Sains, HOTS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Lembaga/Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@iainsorong.ac.id
Date Deposited: 16 Jun 2024 02:38
Last Modified: 16 Jun 2024 02:38
URI: https://repositori.iainsorong.ac.id/id/eprint/54

Actions (login required)

View Item
View Item