Efektivitas Penggunaan Media Animasi Kartun Gerak Dalam Meningkatkan Keterampilan Peragaan Gerakan Shalat pada Peserta Didik Kelas III A SD Muhammadiyah 1 Remu Kota Sorong

Rahmawati, Nia (2023) Efektivitas Penggunaan Media Animasi Kartun Gerak Dalam Meningkatkan Keterampilan Peragaan Gerakan Shalat pada Peserta Didik Kelas III A SD Muhammadiyah 1 Remu Kota Sorong. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Sorong.

[thumbnail of 520119031_NIA RAHMAWATI.pdf] Text
520119031_NIA RAHMAWATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dengan judul Efektivitas penggunaan media animasi kartun dalam meningkatkan keterampilan peragaan gerakan shalat pada Peserta Didik Kelas III A SD Muhammadiyah 1 Remu Kota Sorong ini, bertujuan untuk Mengetahui efektifitas penggunaan media kartun dalam peragaan gerakan shalat. Penelitian ini menggunakan Metode penelitian kuantitatif, karena dalam penelitian ini datanya berupa angka dan kemudian diproses secara statistik serta diarahkan untuk mendeskripsikan rumusan masalah yang berupa kompetensi peragaan gerakan shalat dan efektifitas penggunaan media animasi kartun dalam pembelajaran shalat. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas III A SD Muhammadiyah 1 Remu Kota Sorong, sebagai sumber untuk mendapatkan data secara langsung melalui proses belajar mengajar di kelas. Metode yang digunakan dalam pengambilan data ini adalah metode ekperimen, observasi, sedangkan untuk menganalisis data adalah menggunakan kuantitatif diskriptif analisis. Hasil yang telah diperoleh setelah mengadakan penelitian adalah jenis media yang digunakan dalam proses belajar mengajar, yaitu media animasi kartun tentang tata cara shalat yang isinya mengajarkan tatacara shalat secara benar dari segi gerakan maupun bacaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan belajar mengajar menggunakan media animasi berhasil dengan cukup baik, dengan indikasi siswa lebih tertarik dalam mengikuti pelajaran, lebih aktif, lebih mudah paham, termotivasi, anak tidak merasa jenuh serta meningkatkan prestasi anak. Faktor yang mendukung dalam pembelajaran antara lain penguasaan materi dengan kondisi anak yang termotivasi, ketepatan dalam memilih media, sedangkan faktor yang menghambat adalah keterbatasan media yang disediakan oleh sekolah.

Tipe Item: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Media Animasi Kartun, Peragaan Gerakan Shalat
Subjects: 000 Kelas Umum
Lembaga/Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@iainsorong.ac.id
Date Deposited: 23 Apr 2024 01:33
Last Modified: 23 Apr 2024 01:33
URI: https://repositori.iainsorong.ac.id/id/eprint/49

Actions (login required)

View Item
View Item