Upaya Guru Al-Qur’an Hadis Dalam Memperlancar Baca Al-Qur’an Melalui Penarapan Metode Tartil Pada Siswa Kelas VII di MTs Negeri Kota Sorong

Tuharea, Nabila Sari (2023) Upaya Guru Al-Qur’an Hadis Dalam Memperlancar Baca Al-Qur’an Melalui Penarapan Metode Tartil Pada Siswa Kelas VII di MTs Negeri Kota Sorong. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Sorong.

[thumbnail of 520119030_NABILA SARI TUHAREA.pdf] Text
520119030_NABILA SARI TUHAREA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan mengetahui: (1)untuk menganalisis upaya guru al-qur’an hadis dalam memperlancar baca al-qur’an melalui penerapan metode tartil pada siswa kelas VII di MTs Negeri Kota Sorong dan (2) hambatan yang dihadapi guru al-qur’an hadis dalam memperlancar baca al-qur’an pada siswa kelas VII di MTs Negeri Kota Sorong.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian. Sumber Data Yakni: data uatam(Primer) dan data sekunder tambahan (sekunder). Teknik pengumpulan yakni: wawancara, dokumentasi, observasi. Teknik analisis data yakni: redukasi data (data reduction) dan penyajian data (data display). Teknik Keabsahan Data.

Hasil penelitian membentuk program tahsin,memberikan motivasi,baca al-qur’an bersama,menerapkan metode tartil, memberikan bimbingan, bekerja sama dengan guru, fokus pembelajaran pada silabus, kurangnya waktu pembelajaran, kurangnya motivasi pada diri sendiri, siswa kurang fokus.
Implikasi Penelitian yaitu 1)sebagai pendidik, guru al-qur’an dituntut untuk terus menciptakan suasana yang menarik dalam pembelajaran sehingga dapat mempelajari al-qur’an hadis. Dan menggunakan metode tartil dan media bervariasi, dengan demikian setiap materi pembelajaran yang disampaikan akan dengan mudah diterima dengan baik oleh siswa, salah satunya adalah memperlancarkan siswa membaca al-qur’an. 2) setiap siswa memiliki karakter dan kemampuan yang berbeda dalam memahami suatu materi yang disampaikan oleh guru. Oleh karena itu, diharapkan dapat memahami karakter siswa dalam memperhatikan kemampuan memperlancar baca al-qur’an. 3) untuk siswa dituntut lebih aktif dan kreatif serta memperlancarkan motivasi diri dalam belajar agar dapat meuwujudkan kualitas belajar yang baik. 4) untuk penulis, selanjutnya diharapkan agar sellau mampu untuk terampil dan kreatif dan menciptakan suasana belajar, baik dari metode tartil pembelajaran maupun medis, khususnya dalam pembelajaran al-qur’an hadis untuk mengupayakan siswa agar dapat membaca al-qur’an dengan baik dan benar.

Tipe Item: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Memperlancar baca Al-Qur’an, Metode Tartil, Guru Al-Qur’an Hadis
Subjects: 000 Kelas Umum
Lembaga/Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@iainsorong.ac.id
Date Deposited: 22 Apr 2024 23:31
Last Modified: 22 Apr 2024 23:31
URI: https://repositori.iainsorong.ac.id/id/eprint/47

Actions (login required)

View Item
View Item