Pengaruh Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa di MTs Negeri Sorong

Hermunandar, Hermunandar (2023) Pengaruh Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa di MTs Negeri Sorong. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Sorong.

[thumbnail of 520119014_HERMUNANDAR.pdf] Text
520119014_HERMUNANDAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan,yaitu: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembiasaan membaca Al-Qur’an di Mts Negeri Sorong, 2) Untuk mengetahui pengaruh pembiasaan membaca Al-Qur’an terhadap tingkat konsentrasi belajar pada peserta didik di MTs Negeri Sorong.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei serta menggunakan jenis penelitian asosiatif.

Hasil penelitian ini ,yaitu pertama dalam pelaksanaannya pembiasaan membaca Al-Qur’an ini di MTs Negeri Sorong dikordinatori oleh guru. Dan Alur pelaksanaanya dari pembiasaan ini adalah sebelum memulai kegiatan pembelajaran di kelas jam ke nol dimana masing-masing kelas diwakili oleh ketua kelas untuk mengambil Al-Qur’an yang sudah disediakan diruang BK dan setelah di kelas guru yang bertugas mengajar jam pertama berkewajiban membimbing kegiatan ini, membaca Al-Qur’an berlangsung sekitar lima belas menit setiap harinya dan setiap harinya berkelanjutan dari juz awal sampai khatam. Setelah pelaksanaan pembiasaan membaca Al-Qur’an selesai siswa baru menyiapkan kegiatan pembelajaran. Kedua adanya pengaruh Pembiasaan Membaca Al-Qur’an terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar adalah 24,4%. Kesimpulan tersebut diambil dari data- data yang sesuai dengan hasil analisis penulis yang menujukan bahwa Pembiasaan Membaca Al-Qur’an berpengaruh terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa di MTs Negeri Sorong.

Implikasi dalam penelitian ini, yaitu dilihat dari hasil penelitian bahwa pembiasaan membaca Al-Qur’an memberikan kontribusi yang sangat berarti terhadap konsentrasi belajar peserta didik. Serta pelaksanaan pembiasaan membaca Al-Qur’an juga berdampak positif pada perkembangan kemampuan membaca Al- Qur’an peserta didik juga melatih peserta didik agar membiasakan diri bukan hanya saat berada di sekolah saja akan tetapi bisa diterapkan juga pembiasaan membaca Al-Qur’an ini saat dirumah.

Tipe Item: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan Membaca Al-Qur’an, Konsentrasi Belajar
Subjects: 000 Kelas Umum
Lembaga/Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@iainsorong.ac.id
Date Deposited: 05 Mar 2024 22:47
Last Modified: 05 Mar 2024 22:47
URI: https://repositori.iainsorong.ac.id/id/eprint/44

Actions (login required)

View Item
View Item