Strategi Guru Al–Qur’an Hadist Dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Tajwid Siswa Di Pondok Pesantren Al -Ikhtiar Kabupaten Sorong

Dodi, Dodi (2023) Strategi Guru Al–Qur’an Hadist Dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Tajwid Siswa Di Pondok Pesantren Al -Ikhtiar Kabupaten Sorong. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Sorong.

[thumbnail of 520119011_DODI.pdf] Text
520119011_DODI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Membaca al-Qur’an dengan tajwid yang benar merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Untuk mengajarkan ilmu tajwid dalam proses pembelajaran dapat dilakukan oleh guru al-Qur’an hadits dengan menggunakan strategi yang relevan sehingga siswa mampu membaca al-Qur’an dengan baik dan benar. Namun di pondok pesantren Al-Ikhtiar masih ditemukan banyak peserta didik yang belum mampu membaca al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan hukum tajwid. oleh sebab itu, peneliti mencoba melihat strategi guru al-Qur’an hadits dalam meningkatkan kemampuan belajar tajwid peserta didik di pondok pesantrenn Al-Ikhtiar kabupaten Sorong. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mendeskripsikan strategi yang diterapkan guru al-qur’an hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an sesuai tajwid di Pondok Pesantren Al-Ikhtiar Kabupaten Sorong. (2) Mengetahui faktor-faktor apa yang memengaruhi strategi yang diterapkan guru al-Qur’an hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an sesuai tajwid di Pondok Pesantren Al-Ikhtiar Kabupaten Sorong.

Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Dengan menggunakan metode pendekataan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif-analisis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi pembelajaran yang diterapkan guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an sesuai tajwid di Pondok Pesantren Al-Ikhtiar Kabupaten Sorong adalah Ada 4 tahap yaitu tahap persiapan dengan pembiasaan membaca al-Qur’an sebelum memulai pembelajaran. Tahap penyajian dengan memberikan tugas hafalan kepada siswa. Tahap korelasi dengan praktik dan memperhatikan mahrajul huruf dan tajwid. tahap pengaplikasian, guru juga menggunakan metode qira’ati dan tahsin dan media dalam proses pembelajaran membaca al-Qur’an agar dapat mendorong dan memotivasi peserta didik supaya mampu membaca al-Qur’an dengan baik dan benar. (2) faktor pendukung dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an sesuai tajwid di Pondok Al-Ikhtiar yaitu kedisiplinan diri dari masing-masing peserta didik serta minat yang tinggi. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya perhatian peserta didik dalam pembelajaran.

Tipe Item: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru Al-Qur’an Hadist, Belajar Tajwid
Subjects: 000 Kelas Umum
Lembaga/Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@iainsorong.ac.id
Date Deposited: 03 Mar 2024 11:40
Last Modified: 03 Mar 2024 11:40
URI: https://repositori.iainsorong.ac.id/id/eprint/42

Actions (login required)

View Item
View Item