Peran Guru PAI Dalam Implementasi Moderasi Beragama di SMAN 1 Kota Sorong

Kasim, Jihan Alif Padila (2022) Peran Guru PAI Dalam Implementasi Moderasi Beragama di SMAN 1 Kota Sorong. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Sorong.

[thumbnail of 520118012_JIHAN ALIF PADILA KASIM.pdf] Text
520118012_JIHAN ALIF PADILA KASIM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Moderasi beragama sebagai cara pandang mampu menjadi solusi untuk saling terbuka, menerima perbedaan, dan menjaga kerukunan antar umat beragama. Penguatan moderasi ini juga sebaiknya dikenalkan sejak dini kepada murid agar tidak mudah terpengaruh dengan pemikiran beragama yang radikal dan menutup diri dengan agama lain melalui peran seorang guru agama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru PAI dan mengetahui faktor pendukung serta penghambat dalam membangun moderasi beragama di SMAN 1 Kota Sorong.

Penelitian ini menggunakan pendekatan fenemologi. Tempat penelitin adalah SMAN 1 Kota Sorong yang memiliki kriteria yang tepat dalam penelitian ini. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Peran guru PAI dalam implementasi moderasi beragama di SMAN 1 Kota Sorong meliputi: a. Conservator sebagai guru PAI bertanggung jawab akan sikapnya, b. Transmiter (penerus) guru PAI bertindak sebagai motivator dan pembimbing, c. Innovator (pengembang) guru PAI berkolaborasi dengan semua guru dari berbagai agama, d. Transformator, guru PAI menerjemahkan nilai dengan menjadi figur untuk murid; 2. Nilai moderasi beragama yang di implementasikan meliputi; adil (adl), seimbang (tawazun), kesederhanaan (I’tidal), kesatuan dan persaudaraan (ittihad wa ukuwah). 3. Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi moderasi beragama di sekolah meliputi: Faktor Pendukung yaitu guru dan lingkungan masyarakat yang mendukung terhadap kegiatan sekolah, terkhusus kegiatan keagamaan. Adapun faktor penghambat antara lain murid dan sekolah.

Tipe Item: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PAI, Moderasi Beragama, SMAN 1
Subjects: 000 Kelas Umum
Lembaga/Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@iainsorong.ac.id
Date Deposited: 28 Feb 2024 01:03
Last Modified: 28 Feb 2024 01:03
URI: https://repositori.iainsorong.ac.id/id/eprint/41

Actions (login required)

View Item
View Item