Upaya Pimpinan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Putri Nurul Hikmah Al-Ikhtiar

Izzatuddini, L.M. Izzatuddini (2023) Upaya Pimpinan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Putri Nurul Hikmah Al-Ikhtiar. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Sorong.

[thumbnail of 520118029_L.M.IZZATUDDINI.pdf] Text
520118029_L.M.IZZATUDDINI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Upaya pimpinan dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam sangatlah dibutuhkan dalam pondok pesantren, seperti upaya pimpinan dalam meningkatkan mutu input pendidikan Islam yang dilakukan dengan cara memperhatikan pesera didik dan pendidik yang ada di pondok dengan melakukan tes untuk data pengelompokan tingkatan santri dan membekali pendidik bahan untuk diajarkan kepada santri di pondok pesantren. Selanjutnya yaitu upaya pimpinan dalam meningkatkan mutu proses pendidikan Islam dengan menambah jumlah pengajar sejalan dengan bertambahnya jumlah santri, dan juga melakukan evaluasi sebelum pembelajaran dimulai dan upaya pimpinan dalam meningkatkan mutu output pendidikan Islam yang dilakukan dengan cara diadakannya kegiatan yang dapat membekali santri ketika sudah lulus dari pondok seperti belajar menjahit, hadroh, dan mengikuti event-event lomba yang diadakan pihak luar.

Fokus penelitian ini adalah bagaimana upaya pimpinan dalam meningkatkan mutu input, proses, output pendidikan Islam. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan upaya pimpinan dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriftif. Penulis melakukan pendekatan penelitian lapangan. Metode pengumpulan data yaitu melalui wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Teknik analisa data melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunkan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu.

Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa pertama; sistem pelaksanaan pendidikan Islam ialah sistem pendidikan salafi. Kedua; upaya pimpinan pondok pesantren dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam ada tiga yaitu meningkatkan input, proses dan output. Ketiga; faktor penghambat dari upaya pimpinan dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam adalah kurangnya sarana dan prasarana pondok dan terbatasnya pengajar, faktor pendukung dari upaya pimpinan dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam adalah dari dukungan masyarakat dan para santri itu sendiri yang memiliki semangat belajar dan kemauan yang tinggi.

Tipe Item: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Mutu Pendidikan Islam, Pondok Pesantren
Subjects: 000 Kelas Umum
Lembaga/Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@iainsorong.ac.id
Date Deposited: 28 Feb 2024 00:48
Last Modified: 28 Feb 2024 00:48
URI: https://repositori.iainsorong.ac.id/id/eprint/39

Actions (login required)

View Item
View Item