Kreativitas Guru PAI dalam Penggunaan Teknologi Pendidikan pada Era Industri 4.0 di SMP Negeri 1 Kabupaten Sorong

Amsyari, Achmad Fu‟ad (2022) Kreativitas Guru PAI dalam Penggunaan Teknologi Pendidikan pada Era Industri 4.0 di SMP Negeri 1 Kabupaten Sorong. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Sorong.

[thumbnail of 520118052_ACHMAD FU'AD AMSYARI.pdf] Text
520118052_ACHMAD FU'AD AMSYARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teknologi pendidikan pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Kabupaten Sorong, faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan teknologi pendidikan di SMP Negeri I Kabupaten Sorong, dan upaya sekolah dalam mengatasi hambatan penggunaan teknologi pendidikan di SMP Negeri I Kabupaten Sorong.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Penerapan teknologi pendidikan, guru PAI di kelas menggunakan laptop dan proyektor untuk menampilkan, modul elektronik, video dan power point untuk memudahkan siswa memahami materi, dan ketika siswa di rumah, guru meminta mereka untuk mengerjakan soal yang sudah ada di modul elektronik. Kedua, Faktor pendukung penggunaan teknologi pendidikan di SMP Negeri 1 Kabupaten Sorong yaitu keterampilan dan pengetahuan guru dalam menggunakan teknologi pendidikan, tersedianya laptop, proyektor, jaringan wifi, adanya pelatihan untuk guru yaitu In House Training (IHT) yang diadakan pada awal semester. Sedangkan faktor penghambat penggunaan teknologi pendidikan adalah adanya sarana dan prasarana yang rusak, proyektor yang terbatas, jaringan wifi yang belum sepenuhnya tersedia di lingkungan sekolah, dan adanya siswa yang kurang paham teknologi. Ketiga, Upaya yang dilakukan sekolah untuk mengatasi hambatan penggunaan teknologi pendidikan di SMP Negeri 1 Kabupaten Sorong adalah dengan penyediaan dan perbaikan sarana prasarana oleh kepala sekolah. penambahan akses internet yang memadai untuk mencakup seluruh lingkungan sekolah, penambahan proyektor dan pemberian pelatihan guru untuk mendukung operasional teknologi pendidikan, seperti penggunaan aplikasi untuk mendukung kegiatan pembelajaran.

Tipe Item: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Guru PAI, Teknologi Pendidikan.
Subjects: 000 Kelas Umum
Lembaga/Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@iainsorong.ac.id
Date Deposited: 28 Feb 2024 00:42
Last Modified: 28 Feb 2024 00:42
URI: https://repositori.iainsorong.ac.id/id/eprint/37

Actions (login required)

View Item
View Item