PENGARUH METODE MAKE A MATCH CARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KOTA SORONG

Destiawanti, Arisca (2023) PENGARUH METODE MAKE A MATCH CARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KOTA SORONG. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Sorong.

[thumbnail of 520119007_ARISCA DESTIAWANTI.pdf] Text
520119007_ARISCA DESTIAWANTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh motivasi belajar peserta didik mata pelajaran fiqih setelah penerapan metode make a match card pada peserta didik kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Sorong.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis uji t dan teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII yang terdiri 248 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sample random yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode make a match card berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Sorong. Analisis data menggunakan uji analisis Independent–Sample T Test sehingga didapat hasil pada motivasi belajar peserta didik nilai thitung kelas eksperimen 7.340 dengan probabilitas sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada metode make a match card. Dengan demikian terdapat pengaruh motivasi belajar dengan menggunakan metode make a match card pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Sorong.

Tipe Item: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Make a Match Card, Motivasi Belajar Peserta didik, Fiqih.
Subjects: 000 Kelas Umum
Lembaga/Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@iainsorong.ac.id
Date Deposited: 28 Feb 2024 00:30
Last Modified: 28 Feb 2024 00:30
URI: https://repositori.iainsorong.ac.id/id/eprint/34

Actions (login required)

View Item
View Item