Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Ruqyah Syar‟iyyah Pada Komunitas al-Hijrah Ruqyah Center Sorong

Sumanti, Sumanti (2023) Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Ruqyah Syar‟iyyah Pada Komunitas al-Hijrah Ruqyah Center Sorong. Magister (S2) thesis, Institut Agama Islam Negeri Sorong.

[thumbnail of 41P121018_SUMANTI.pdf] Text
41P121018_SUMANTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ilmiah ini adalah: 1) Mendeskripsikan dan menganalisis nilai pendidikan Islam dalam Ruqyah Syar‟iyyah yang di lakukan oleh Komunitas al-Hijrah Ruqyah Center Sorong. 2) Untuk menganalisis langkah apa yang di gunakan oleh Komunitas al-Hijrah Ruqyah Center Sorong dalam proses Ruqyah Syar`iyyah kepada Masyarakat. 3) Untuk menganalisis tantangan dan peluang Komunitas al-Hijrah Ruqyah Center Sorong selama melakukan kegiatan Ruqyah Syar`iyyah di Kota Sorong.

Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research), Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui situasi dan kejadian serta untuk mendapat data fakta terhadap persoalan yang sebenarnya. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah Komunitas al-Hijrah Ruqyah Center Sorong yang diataranya adalah penasehat al-Hijrah, Pembina al-Hijrah, PeRuqyah dan pasien. Kemudian, dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif

Hasil penelitian ilmiah ini menunjukkan: 1. Bahwa Komunitas al-Hijrah Ruqyah Center Sorong di dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan Islam dalam Ruqyah Syar`iyyah adalah melalui tiga aspek nilai yaitu nilai akidah ,akhlaq dan ibadah. Adapun nilai akidah a) yaitu keimanan. b) Nilai Keislaman c)Nilai Ihsan 2. Nilai akhlak terdiri dari, a) Sabar, b) Kejujuran, c) Dan Keistiqomahan. 3. Nilai Ibadah yaitu : a) Ikhlas b) Ikhtiar c) Dan Tawakkal. Kemudian Adapun langkah efektif dalam proses Ruqyah Syar`iyyah Yang dilakukan oleh peRuqyah dalam Komunitas al-Hijrah Ruqyah Center Sorong adalah melalui 3 tahapan yaitu 1. Tahapan pra Ruqyah 2. Proses Ruqyah dan 3. Pasca Ruqyah . Kemudian adapun tantangannya adalah : a) masih banyak masyarakat yang belum paham Ruqyah Syar`iyyah b) Belum menerima oleh sebagian masyarakat c) Tersebarnya para dukun yang berkedok Ustadz yang membelokkan pemahaman masyarakat terhadap Ruqyah Syar`iyyah. 2. Kemudian Peluang yaitu : a) Dapat di perkenalkan di lembaga sekolah b) Bisa memberikan Pelatihan pada lembaga-lembaga tertentu c) Dapat menjadi ladang dakwah.

Implikasi dari hasil penelitian ini adalah bahwa mengimplementasikan nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Ruqyah Syar`iyyah oleh Komunitas al-Hijrah Ruqyah Center Sorong, dapat digunakan sebagai Rujukan dan tambahan referensi dalam mengaplikasikan Proses Ruqyah Syar`iyyah di tengah masyarakat secara benar.

Tipe Item: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Magister (S2))
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Nilai Pendidikan Islam, Ruqyah Syar`iyyah
Subjects: 000 Kelas Umum
Lembaga/Fakultas/Jurusan: Program Pascasarjana > Tesis
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@iainsorong.ac.id
Date Deposited: 26 Feb 2024 23:59
Last Modified: 26 Feb 2024 23:59
URI: https://repositori.iainsorong.ac.id/id/eprint/29

Actions (login required)

View Item
View Item