Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Barzanji pada Masyarakat Bugis di Kepulauan Doom Kecamatan Sorong Kepulauan

Alfian, Reza (2023) Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Barzanji pada Masyarakat Bugis di Kepulauan Doom Kecamatan Sorong Kepulauan. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Sorong.

[thumbnail of 520118006_REZA ALFIAN.pdf] Text
520118006_REZA ALFIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini, yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) pelaksanaan tradisi barzanji pada masyarakat Bugis di Pulau Doom Kecamatan Sorong Kepulauan; dan (2) nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi barzanji pada masyarakat Bugis di Pulau Doom Kecamatan Sorong Kepulauan. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian etnografi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahap-tahap, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan barzanji masyarakat Bugis di Pulau Doom merupakan tradisi yang dilakukan ketika ada kegiatan keagamaan dengan
menyiapkan berbagai makanan khas Bugis dan perlengkapan bantal yang beralaskan kain putih panjang, dupa (pengharum), bunga, dan pisang lima sisir, serta proses pelaksanaan diawali dengan mengundang orang, pembacaan barzanji, dan makan bersama; dan (2) nilai-nilai pendidikan Islam yang termuat dalam tradisi barzanji masyarakat Bugis di Pulau Doom yaitu, nilai keimanan, nilai balaghoh, nilai tauhid, nilai akhlak, dan nilai sosial.

Tipe Item: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Tradisi Barzanji, Masyarakat Bugis, Kepulauan Doom
Subjects: 000 Kelas Umum
Lembaga/Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@iainsorong.ac.id
Date Deposited: 26 Feb 2024 23:53
Last Modified: 26 Feb 2024 23:53
URI: https://repositori.iainsorong.ac.id/id/eprint/27

Actions (login required)

View Item
View Item